Selasa, 28 April 2015

Cara Mudah Membuat Telur Asin Masir Khas Brebes

admin

Cara Mudah Membuat Telur Asin Masir – Bagi anda yang melakukan perjalanan di jalur pantura daerah Brebes anda pasti sering menjumpai toko makanan telur asin yang sangat banyak. Karena daerah Brebes terkenal dengan central penghasil telur asin yang terbaik kualitasnya. Banyak orang luar daerah seperti orang Jakarta banyak yang membeli telur asin khas brebes ini sebagai oleh- oleh. Telur Asin merupakan lauk pauk yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh anak- anak. Bagi anda yang ingin membuat sendiri telur asin masir khas brebes ini di zonareseponline akan kami mencoba untuk membahas cara pembuatan telur asin yang sangat mudah dan tentunya bisa dicoba dirumah. Cara membuat telur asin sebenarnya ada banyak cara yaitu ada yang menggunakan abu gosok atau batu bata sebagai adonan biar telur bebek menjadi lebih masir namun cara ini sangat merepotkan. Berikut ini merupakan Cara Mudah Membuat Telur Asin Masir Khas Brebes:




Bahan- Bahan:
 • 10-15 butir telur bebek yang baru
• 500gram- 700gram garam
• 2 liter air bersih
• Tempat merendam telur seperti ember yang ada tutupnya

Cara Pembuatan Telur Asin Masir Khas Brebes:

• Rendam telur bebek selama kurang lebih 15 menit kemudian bersihkan telur bebek dengan menggunakan sikat supaya kotoran yang menempel pada telur bebek bisa hilang.
• Dan untuk telur yang kualitas buruk biasanya telur bebek tersebut mengambang sehingga di ambil saja.
• Kemudian keringkan telur bebek tersebut dengan lap kering supaya telur bebek mengering dengan cepat sehingga dilihat kebersihan telur bebek tersebut sudah bersih atau belum.
• Kemudian larutkan garam dengan menggunakan 2 liter air dengan cara di aduk- aduk hingga semua garam tersebut larut.
• Kemudian telur bebek tersebut masukan kedalam ember kemudian beri air garam tersebut jika telur bebek ada yang melayang maka gunakan cara siapkan plastis putih es kemudian isi dengan air kemudian bungkusan isi air tersebut letakan di atas telur bebek tersebut supaya tidak mengambang.
• Rendam selama 2 minggu (14 hari) jika ingin hasil yang sempurna anda bisa merendamnya selama 3 minggu.
• Kemudian telur bebek tersebut direbus dengan api yang sedang selama 1-1,5 jam hingga terlihat matang dengan sempurna. Kemudian angkat dan siapkan di wadah.
• Setelah direbus kemudian tahap akhir yaitu telur asin tersebut dikukus dalam waktu 1,5 jam dan kemudian angkat dan hingga dingin.
• Dalam takaran tingkat rasa asin, anda bisa menyesuaikan sesuai dengan selera anda masing- masing yang terpenting adalah proses cara pembuatan telur asin masir khas brebes yang sesuai.

Demikian merupakan Cara Mudah Membuat Telur Asin Masir Khas Brebes semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Bagi anda yang ingin mencobanya dirumah silahkan karena cara pembuatan telur asin ini sangat begitu mudah namun hanya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dikonsumsi. Telur asin masir sangat begitu enak dan lembut dan rasanya benar- benar juara apalagi jika dikonsumsi dengan sayur lodeh yang begitu nikmat. Bagi anda yang ingin membuat sayur lodeh anda bisa membuka artikel sebelumnya (Baca: Resep Sayur Lodeh Gurih dan Nikmat). Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar

 

Stats